HIKAYAT SRI RAMA JILID 3

Judul Asli : The Rama Story (Stream of Sacred Sweetness)


Ramakatha Rasavahini-Part I
Ditulis oleh : Bhagawan Sri Sathya Sai Baba
Alih Bahasa : Dra. Retno. S Buntoro M.Th
Hak Cipta : Sri Sathya Sai Books & Publications Trust Prasahanti Nilayam


Anantapur District, Andra Pradesh, India - 515134
Edisi : ke 1 Tahun 2008 (tebal 272 halaman)
Diskripsi : Kisah Kehidupan Avatar Sri Rama - (Hingga Kerajaan Lanka terbakar)


eperti orang memeras tebu yang berserat dan meminum hanya sari manisnya, seperti lebah mengisap madu pada kembang, tanpa mengindahkan bentuk dan warnanya, seperti laron terbang menuju nyala api yang terang tanpa mengindahkan panas dan malapetaka yang pasti menimpanya, seorang sādhaka ‘pencari kesunyataan’ harus berhasrat menghirup karunārasa ‘ungkapan perasaan yang lembut, penuh iba, dan welas asih’ yang sarat terkandung dalam Rāmāyana, tanpa mengindahkan hal-hal lain.

Jika kita makan buah, kita buang kulit, biji, dan seratnya. Sudah merupakan sifat alam bahwa buah mempunyai unsur-unsur tersebut. Namun, tak seorang pun akan makan semuanya itu hanya karena ia telah membayarnya. Tidak seorang pun dapat menelan biji dan mencernanya. Tidak seorang pun akan mengunyah kulitnya. Demikian pula hanya dalam buah Rāma yang disebut Rāmāyana ini, cerita raksasa, iblis, dan sebagainya merupakan kulitnya; perbuatan keji manusia-manusia jahat ini merupakan biji keras yang tidak dapat dicernakan. Cerita berbagai peristiwa yang berhubungan dengan indra dan bersifat duniawi merupakan serat buah yang rasanya kurang enak. Bagian-bagian itu hanyalah pembungkus sari buah yang berkhasiat.

Mereka yang mendambakan karunārasa dalam buah Rāma harus lebih memusatkan pikiran pada inti cerita daripada uraian panjang lebar yang membumbui atau membebaninya. Dengarkanlah penuturan Rāmāyana dalam suasana perasaan seperti itu. Itulah wujud shravana ‘proses mendengarkan wacana kerohanian’ yang terbaik.

Hikayat Sri Rāma bukan kisah tentang seseorang, melainkan kisah alam semesta! Rāma adalah penjelmaan sifat dasar yang universal dalam segala makhluk. Beliau ada dalam semuanya, sepanjang waktu, dan di seluruh alam. Cerita ini tidak menuturkan masa lalu, tetapi masa kini, dan yang akan datang tanpa akhir, kala yang abadi tanpa awal.

Bhagawan Sri Sathya Sai Baba

Cover Belakang Buku Hikayat Sri Rama, Pancaran Keindahan Yang Suci Jilid 3


Stok Buku : Ada
Harga : Rp 15.000 + Ongkos Kirim
Pemesanan : Pesan
Kembali ke : Buku Sai